Written By Tilawah Alquran on Tuesday, 12 September 2017 | 08:25

Loading...

Istilah qori' merupakan dari bahasa Arab yang artinya pembaca, adapun qori' adalah pembaca laki-laki dan qori'ah pembaca perempuan. Di Indonesia istilah qori' dan qori'ah sudah tidak asing lagi, palagi dengan adanya even kegiatan MTQ maupun STQ ini akan lebih memasyarakatkan Al Qur'an dan juga menumbuhkan kader-kader qori' dan qori'ah baru melalui even tersebut.

Menjadi qori' merupakan dambaan bagi sebagian umat muslim yang benar-benar cinta dengan dunia qori'. Menjadi seorang qori' tidak semata-mata hanya ingin mendapatkan juara dalam MTQ maupun STQ dan bukan pula ingin mendapatkan pujian dari banyak orang, namun akan lebih berarti dari semua itu. dengan menjadi qori' yang bagus dan profesional kita bisa menumbuhkan syi'ar Islam membumingkan Al Qur'an di bumi Nusantara ini.

CARA BELAJAR MENJADI QORI' DAN QORI'AH

CARA BELAJAR MENJADI QORI' DAN QORI'AH

Menjadi seorang qori' prosesnya tidak secara instan dan cepat, mereka para juara di MTQ maupun STQ tersebut sudah melalui proses latihan yang sangat istiqomah serta ditambah dengan iringan do'a.
Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips cara belajar menjadi seorang qori' dan qori'ah.

1. Latihan yang Istiqomah

Latihan tilawah harus rajin harus continue secara istiqomah, latihan ini butuh proses yang semula belum bisa setelah berlatih terus menerus maka akan menjadi lebih baik. Latihan yang istiqomah ini bisa sobat lakukan setiap hari seklai dengan mengambil waktu senggang, mislanya setelah subuh atau sebelum subuh.

2. Mencari Guru Qori'

Belajar menjadi seorang qori' harus mempunyai guru yang benar-benar bisa menguasai dunia pertilawahan. Belajar memang bisa meniru dengan kaset ataupun video mp3 tilawah yang kita unduh, namun alangkah lebih baiknya jika kita belajar dengan kiai atau ustadz yang ahli dibidang qori' atau seni baca qur'an.

3. Selalu mendengarkan lantunan dari Qori' maupun Qori'ah 

Mendengarkan lantunan ayat suci dari Qori' maupun Qori'ah khususnya yang sudah juara nasional maupun Internasional itu bisa menambah cepat bisa kita dalam bertilawah, kita bisa melihat cara tampil, gaya membaca dan juga variasi yang dibawakan pada saat membaca.

4. Berdo'a

Setelah beberapa cara tersebut dilakukan, selanjutnya adalah kita pasrahkan kepada Allah dengan cara berdo'a agar diberi kemudahan dalam belajar menjadi qori' maupun qori'ah.

Semoga bermanfaat.


Lihat Artikel Lain :


0 komentar:

Post a Comment