Written By Masrul Alam on Monday, 22 June 2015 | 21:15

Dalam MTQ sudah pasti ada cabang Tilawah murni, 1 Juz + tilawah ataupun 5 Juz + tilawah, pada kali ini kita akan membahas bagaimana tips merangkai lagu untuk cabang tilawah.

Sesuai peraturan LPTQ Nasional, pada babak penyisihan ayat (maqro’) yang harus dibaca oleh peserta MTQ diberikan satu atau dua hari sebelum tampil, ini untuk cabang tilawah golongan anak-anak maupun remaja, sedangkan untuk golongan dewasa diberikan 10 menit sebelum peserta tampil.
Pemberian jangka waktu ini semata-mata untuk memberi kesempatan kepada adik-adik maupun mas-mas yang ikut cabang tilawah golongan anak-anak maupun remaja untuk belajar merangkai lagu untuk ditampilkan, yang sedemikian itu biasanya lagupu dirangkaiakan oleh pelatih ataupun pembina.
Bagi adik-adik maupun mas-mas yang ikut cabang tilawah golongan anak-anak maupun remaja harus tampil dengan bagus, mengingat pemberian maqro’ satu maupun dua hari sebelum tampil.


Setelah kita mendapatkan maqro’, dan sebelum kita merangkai dengan irama tilawah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mebaca ayat tersebut dengan tartil hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi ayat dan mengoreksi apakah ada bacaan yang musykil atau tidak. Karena biasanya panitia MTQ memberikan maqro’ yang ayatnya berisi bacaan musykil, misalnya bacaan Imalah, Isymam, Naql, Tashil, dll.

Langkah selanjutnya yaitu merangkai lagu (bukan membuat lagu) karena patokan lagu sudah ada tinggal kita menerapkan ke maqro’ yang kita dapat tentunya dengan fariasi-fariasi yang trend masa kini.

Sebelum masuk ke ayat, kita baca ta’awudz dan basmallah (dengan nada Koror) diusahakan ambil nada yang serendah-rendahnya agar pada saat nada Jawabul Jawab kita bisa nyaman dan kuat membawakannya.

Masuk ayat pertama, lagu yang harus dibawakan oleh qori’ yaitu lagu Bayyati.
Sesuai selera para qori’ ada yang membawa lagu bayyati dari nada Koror atau ada juga yang langsung nada Nawa. (Saya sarankan, setelah membaca baca ta’awudz dan basmallah, ayat pertama yang dibaca lebih baiknnya memakai nada Nawa hal ini bermaksud untuk menghemat waktu, dan alasannya pada saat kita membaca ta’awudz dan basmallah sudah memakai nada Koror).

Masuk ayat pertama, misalkan saja kita membawakan dengan lagu Bayyati dengan nada Nawa.
Setelah selesai, ambil nada berikutnya, yaitu lagu Bayyati dengan nada Alan Nawa.
Selanjutnya kita langsung membawakan lagu Bayyati dengan nada Jawab.

Hal ini bermaksud untuk menghemat waktu (mengingat waktu tampil kita hanya sekitar 6-7 menit)
Lagu Bayyati diakhiri dengan nada Jawabul Jawab. Nada ini yang paling ditunggu-tunggu oleh dwan juri, konon katanya jikalau qori’ sukses membawakan nada Jawabul Jawab. Kemungkinan lagu selanjutnya akan sukses.
Lagu Bayyati  selesai dengan empat tingkatan, yaitu : Nawa, Alan Nawa, Jawab, Jawabul Jawab. Waktu yang diperlukan untuk membawakan 4 nada ini sekitar 2 menitan.

Setelah lagu Bayyati  kita akan merangkai lagu selanjutnya, para qori’ Nasional membawakan lagu kedua sesuai dengan selera, namun dalam MTQ lagu kedua setelah  lagu Bayyati biasanya lagu yang dibawakan adalah lagu Hijaz ataupun lagu Soba.

Namun akhir-akhir ini lagu Hijaz lebih populer dibanding lagu Soba.
Kita mencoba untuk menggunakan lagu Hijaz.
Kita rangkai lagu Hijaz dengan tiga tingkatan, yaitu Hijaz Asli, Hijaz Kard (Jawab Hijaz 1), Hijaz Kard Kurd (Jawab Hijaz 2).

Setelah kita membawakan lagu Hijaz dengan tiga tingkatan, kita bisa merangkai lagu selanjutnya, biasanya ada pilihan antara lagu Nahawand atau lagu Rosy.
Misalkan saja kita pilih lagu Nahawand dahulu, pada lagu Nahawand ada tiga tingkatan, yaitu Asli, jawab, dan Nakris atau biasa disebut Nahawand , Jawab Nahawand 1, dan Jawab Nahawand 2.
Setelah lagu Nahawand selesai dibawakan, kita melangkah ke lagu ke empat yaitu lagu Rosy. Lagu Rosy kita bawakan dalam tiga tingkatan juga, yaitu Rosy Asli, Rosy Zinjiron, dan Rosy Banjaka (Jawab Rosy)

Keempat lagu telah selesai kita rangkai, langkah selanjutnya adalah menutup lagu dengan lagu Bayyati Penutup.

Demikian sedikit coretan dari saya, semoga bermanfaat.

Dan mohon koreksinya, terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment